Pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan Kristen

Pengertian Kepemimpinan

[update 2021].Riset menunjukkan bahwa tidak ada satu jawaban tunggal atas pertanyaan: Apa itu kepemimpinan? Terdapat banyak definisi tentang kepemimpinan. Ragam definisi tentang kepemimpinan itu disebabkan karena setiap peneliti memberi definisi konseptual yang berbeda-beda terhadap realitas kepemimpinan yang ada dalam diri setiap orang dalam suatu kelompok masyarakat. Keragaman definisi demikian dapat dimaklumi. Berikut beberapa definisi kepemimpinan yang dikompilasi dari beberapa sumber internet.

Menurut Glenn (1992), kepemimpianan pada hakikatnya datangnya dalam kompetensi yang terpatri dalam diri manusia hanya saja tidak ada formula untuk menjalankannya. Tentu definisi ini disadur secara bebas. Glenn menginfentarisir sebanyak 350 definisi tentang kepemimpinan. Definisi-definisi tersebut bila dikemukakan maka akan menjenuhkan. Jadi, kita ambil saja definisi yang menurut hemat kita menolong secara sederhana dalam memahami kepemimpinan. Dengan demikian, dalam postingan ini hanya mengemukakan beberapa definisi dari sekian banyak definisi tentang kepemimpinan.


1. Kepemimpinan adalah sebuah kekuatan untuk menseleksi mimpi-mimpi, sesudah itu  menetapkan tujuan-tujuan. 
 
2. Kepemimpinan adalah suatu potensi dalam diri seseorang yang memberi gerakan dalam memimpin suatu kelompok dalam mencapai sukses organisasi 
 
3. Kepemimpinan adalah usaha memberi pengaruh kepada kelompok yang dipimpinnya ntuk mencapai tujuan kelompok/organisasi. 
 
4. Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan suatu kelompok yang ditata secara baik untuk mencapai tujuan.( Rauch & Behling,1984) 
 
5. Kepemimpinan adalah perilaku seseorang yang menonjol dalam memimpin kegiatan suatu kelompok kepada tujuan yang hendak dicapai secara komunal/bersama (Hemhill & Coon, 1995) 
 
6. Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan yang diorganisir dalam kelompok di dalam usahanya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan (William G.Scott, 1962) 
 
7.  Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang-orang lain untuk melakukan apa yang pemimpin inginkan dari mereka untuk mengerjakannya (Stephen J.Carrol & Henry L.Tosj, 1977) 
 
8. Kepemimpinan adalah interaksi antara seseorang  yang memainkan peran penting (peran yang menonjol) dalam suatu kelompok melalui cara-cara tertentu yang mengarah pada suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dalam definisi ini, seorang pemimpin dikenal dari kemampuan mempengaruhi orang lain dan orang lain dipengaruhinya (Dr. Thomas Gordon) 
 
9. Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, yang dijalankan dalam situasi tertentu, serta diarahkan melalui proses komunikasi, kearah pencapaian satu atau beberapa tujuan  tertentu (Tannenbaum, Weschler, dan Massarik, 1961) 
 
10.  Kepemimpinan adalah suatu proses saling memotivasi yang memberi efektivitas interaksi dari perbedaan perbedaan individu, mengontrol daya manusia dalam mengejar tujuan bersama (P. Pigors, 1935)

 

Semoga bermanfaat

 

 

1 Response to "Pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan Kristen"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel