Kontrak dan Silabus Psikologi Pendidikan Agama Kristen



KONTRAK PERKULIAHAN




PSIKOLOGI PAK DAN KEPEMIMPINAN


SEMESTER I/2 sks
Prodi Teologi

Oleh:
Dr. Yonas Muanley, M.Th.


SEKOLAH TINGGI TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
(STT REM)
2012

KONTRAK PEMBELAJARAN
I.              Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah               : Psikologi PAK dan Kepemimpinan
Pengajar                                : Yonas Muanley, M.Th., D.Th. ©
Semester                               : I
Bobot                                      : 2 SKS
Hari Pertemuan                    : Kamis (18.00 – 19.30)
Tempat Pertemuan              : Kampus STT RE

II.            Manfaat Mata Kuliah

Mata kuliah ini disajikan dengan pendekatan semangat pengalaman belajar berbasis kemampuan atau sering disebut di Negara kita, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kompetensi yang diharapkan untuk dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini menjadi penentu dalam memilih topik-topik (kompetensi dasar) yang sesuai dan berkorelasi dengan kemampuan (rumusannya lihat di standar kompetensi dan Kompetensi Dasar).  Dalam konteks berpikir demikian maka kemanfaatan mata kuliah ini bagi mahasiswa S-2 STT REM yaitu mahasiswa difasilitasi mengenali dan menguasai konsep-konsep Psikologi Pendidikan Agama Kristen yang terbuka terhadap kebenaran Psikologi Umum, khususnya Psikologi Pendidikan  dan menerapkan nilai-nilai universal dari psikologi dalam tugas pelayanan, khususnya panggilan dalam pelayanan kependidikan gereja yang merupakan tugas instruksional dari Yesus Guru Agung yang telah memberi instruksi didaktik untuk diteruskan di Indonesia. (selamat berdidaktik Kristus di Indonesia).
III.           Deskripsi Mata Kuliah

Demi mencapai standar kemampuan yang diharapkan dalam mata kuliah ini maka ruang lingkup pembahasan materi kuliah ini difokuskan pada beberapa kompetensi dasar dan indikatornya. Proses pembelajaran mata kuliah ini dirancang dalam dalam beberapa pokok bahasan yaitu:
Pemilihan pokok bahasan dan sub-sub pokok bahasan disesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai. Jadi, ruang lingkup bahasan mata kuliah sejarah gereja umum dirancang berdasarkan rekonstruksi mata kuliah. Rekonstruksi yang dimaksud disini berdasarkan pencapaian kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh pebelajar (mahasiswa) 
IV.          Skema Perkuliahan/Peta Perkuliahan
Mata Kuliah : Psikologi PAK dan Kepemimpinan

Mahasiswa mampu menilai dan menerapkan kebenaran teori psikologi dan kepemimpinan dalam pelayanan gereja (pelayanan Pastoral dan didaktik)
(Standar Kompetensi)
 
Menilai dan menerapkan Kepemimpinan dalam pelayanan
(Kompetensi Dasar 8)

Menjelaskan faktor yang mempengaruhi belajar
(Kompetensi Dasar 7)
Menjelaskan Psikologi Behavioristik
(Kompetensi Dasar 6)

                                                                                                                             

 
















------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1.    Psikologi Umum                                                             Entry Behaviour
2.    Filsafat
           
V.           Kompetensi Dasar dan Indikator/Tujuan Instruksional

Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa menunjukkan kemampuan dalam mendemonstrasikan setiap kompetensi dasar yang ditandai dengan indicator-indikator sbb:

KD. 1. Menjelaskan ragam pengertian Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan

Indikator Hasil Pembelajaran/belajar

1.1.        Mengidentifikasi ragam definisi psikologi, psikologi PAK  dan merumuskan secara konseptual  tentang  psikologi PAK
1.2.        Merumuskan definisi operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai acuan bagi proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester ini
1.3.        Mengidentifikasi topik-topik yang relevan dengan Psikologi PAK
1.4.        Menjelaskan sumbangsih Psikologi Pendidikan

KD. 2. Menjelaskan Konsep Kepribadian

2.1.      Definisi kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.2.      Konsep kepribadian dalam Perspektif  Psikoanalisis/psikoanalitik
2.3.      Konsep kepribadian dalam Perpektif Behaviorisme
2.4.      Konsep Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.5.      Konsep Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.6.      Konsep Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri

KD. 3. Menjelaskan Pertumbuhan dan perkembangan emosi dan implikasinya dalam proses PAK

3.1.      Menjelaskan Pengertian pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.2.      Menjelaskan Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi

KD. 4. Menjelaskan Perkembangan sosial dan pembentukan karakter

1.1.          Menjelaskan Perkembangan Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
1.2.          Menilai dan menerapkan Pembentukan Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam proses Pendidikan Agama Kristen

KD. 5. Menilai dan menerapkan Teori Kognitif

1.1.        Menjelaskan Pengertian kognitif
1.2.        Menjelaskan Tokoh-tokoh Teori Kognitif
1.3.        Menilai dan menerapkan Konsep utama/Teori Kognitif dalam proses PAK

KD. 6. Psikologi behavioristik

6.1.        Menjelaskan Pengertian Psikologi behavioristik
6.2.        Menjelaskan Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.3.        Menilai dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK

KD. 7. Menjelaskan Faktor yang mempengaruhi belajar

1.1.      Menjelaskan pengertian Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan psikomotorik)
1.2.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar

KD. 8. Menilai dan menerapkan Kepemimpinan dalam Pelayanan Pastoral dan Kependidikan Gereja
8.1.    Menjelaskan pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.2.    Menjelaskan dan menerapkan Kepemimpinan Yesus
8.3.    Menjelaskan dan menerapkan Citra Pendidik Pendidik Kristen


VI.          Organisasi Materi Kuliah

Pendahuluan
1.    Pengertian Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan

1.1.        Definisi psikologi, psikologi PAK  dan merumuskan secara konseptual  yaitu pengartian pribadi tentang  psikologi PAK
1.2.        Definisi operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai acuan bagi proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester ini
1.3.        Topik-topik yang relevan dengan Psikologi PAK
1.4.        Sumbangsih Psikologi Pendidikan

2.Konsep Kepribadian

2.1.        Definisi kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.2.        Konsep kepribadian dalam Perspektif  Psikoanalisis/psikoanalitik
2.3.        Konsep Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.4.        Konsep Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.5.        Konsep Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri

3. Pertumbuhan dan perkembangan emosi

3.1.        Pengertian pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.2.        Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi

4. Perkembangan sosial dan pembentukan karakter

1.5.        Perkembangan Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
1.6.        Pembentukan Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam proses Pendidikan Agama Kristen

5. Teori Kognitif

5.1.        Pengertian kognitif
5.2.        Tokoh-tokoh Teori Kognitif
5.3.        Konsep utama/Teori Kognitif dalam proses PAK

6. Psikologi behavioristik

6.1.        Menjelaskan Pengertian Psikologi behavioristik
6.2.        Menjelaskan Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.3.        Menilai dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK

7. Faktor yang mempengaruhi belajar

7.1.      Pengertian Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan psikomotorik)
7.2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar

8. Kepemimpinan dalam Pendidikan Agama Kristen
8.1.        Menjelaskan pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam Pelayanan Pastoral dan Kependidikan Gereja
8.2.        Menjelaskan dan menerapkan Kepemimpinan Yesus dalam pelayanan Pastoral dan Kependidikan Gereja
8.3.        Menjelaskan dan menerapkan Citra Pendidik Kristen

Penutup
VII.         Pendekatan dan Strategi Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran          : 
Pendekatan yang dipakai dalam proses pembelajaran mata kuliah ini yaitu: Pembelajaran berbasis Masiswa (pendekatan rekonstruktifistik)
Strategi Pembelajaran:
1.    Ekspositori dan Iquiri
2.    Struktural dan problem solving
3.    Deduktif dan Induktif
4.    Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, koloquim


VIII.       Sumber-sumber Belajar

1.    Dr. Sentot Sadono. 2011. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Semarang, Program Pascasarjana STBI Semarang
2.    Dr. Wowo Sunaryo Kuswana. 2012. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung, Rosdakarya.
3.    Dr. Dede Rahmat Hidayat. 2011. Teori dan Aplikasi: Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor, Ghalia Indonesia
4.    Bernard Poduska. 1997.  4 Teori Kepribadian: Eksistensialis, Behavioris, Psikoanalitik, Aktualisasi Diri. Jakarta : Restu Agung.
5.    Tim LaHaye, Hubungan Antara Tempramen dan Karunia Rohani, Jakarta : Metanoia, 2004
6.    Yonas Muanley, Kompilasi Materi Kuliah Psikologi PAK dan Kepemimpinan, 2012

Sumber Pendidikan Karakter:

1.    Alkitab (Sumber Utama dan Pertama)
2.    Dr. Sentot Sadono. 2011. Psikologi PAK … (lihat di atas)
3.    Yonas Muanley, Pendidikan Karakteristik Unggul Berdasarkan Didaktik Yesus Menurut Matius 4:19, 5:1-16
4.    Yonas Muanley, Pendidikan Karakteristik Unggul Berdasarkan Didaktik Paulus Menurut Galatia 5:20


Literatur Umum:

1.    Saptono.2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta : Esensi Erlangga Group
2.    Prof. Dr. H.E. Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara
3.    Sri Narwanti. 2011. Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentukan Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta : Familia
4.    Akhmad Muhaimin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Literatur Kepemimpinan

1.    Ken Blanchard, Phil Hodges, Lee Ross, Avery Willis. T.th.  Beginning The Journey Lead Like Jesus (Memulai Perjalanan: Memimpin Seperti Yesus) … Bandung : Lembaga Literatur Baptis (Yayasan Baptis Indonesia)


IX.          Penilaian dan Kriteria Pembelajaran

PENILAIAN:
Penilaian akan dilakukan dosen dengan penggunaan criteria sebagai berikut:
Huruf
Bobot
Angka
A
4.00
96 – 100
A-
3.67
91 – 95
B+
3.33
86 – 90
B
3.00
81 – 85
B-
2.67
76 – 80
C
2.00
61 – 75
D
1.00
51 – 60
E
0.67
46 – 50
F
0.00
0 – 45

1.   Sistem Penilaian:

1.1.      Kehadiran ……………………………..    : 15  %
1.2.      Tugas Terstruktur……………………..    :  40 %
1.3.      UTS …………………………………….    :  20 %
1.4.      UAS …………………………………….    :  25 %
atau
Penilaian Proses:      

No Tugas
Deskripsi Penilaian Proses
Standar Ketercapaian Kompetensi
Ketercapaian Kompetensi
(Tercapai/Tidak Tercapai)
1
Kehadiran Tanpa Absen, terlambat 5 menit
10  %

2
Tanya Jawab (Membawa Pertanyaan tertulis sebelum kuliah dimulai dan pertanyaan pada waktu proses kuliah berlangsung/Spontan)
10 %

3
Tugas Individual (pendalaman kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik) : Topik Psikologi PAK
30  %

4
UTS dan UAS
40  %

5
Diskusi dan Presentasi (Setiap anggota aktif dalam diskusi dan Tanya jawab setelah presentasi)
10  %



X.           Jadwal Pembelajaran

Jadwal Kontrak Pembelajaran

Pertemuan Minggu ke
Materi Perkuliahan
Sumber
Keterangan

1

1.    Pengertian Psikologi, Psikologi PAK dan Kepemimpinan
1.1.   Ragam definisi Psikologi, psikologi PAK dan Kepemimpinan
1.2.   Penetapan definisi kerja (definisi operasional)
1.3.   Topik-topik yang relevan dgn Psikologi PAK
1.4.   Sumbangsih Psikologi Pendidikan


Mahasiswa dapat mencari dalam sumber-sumber lain yang berhubungan

2

2.  Konsep Kepribadian
2.1.  Definisi Kepribadian dan factor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.2.  Konsep Kepribadian dlm perspektif Psikoanalisis
2.3.  Konsep Kepribadian dlm perspektif Humanisme








3
2.4.  Konsep Kepribadian dlm perspektif  Eksistensialisme
2.5.  Konsep Kepribadian dlm perspektif Aktualisasi Diri
3.    Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi
3.1.    Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi
3.2.    Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi




4
4.    Perkembangan Sosial dan Pembentukan Karakter
4.1.Perkembangan social
4.2. Pembentukan Karakter




5
5.    Teori Kognitif
5.1.    Pengertian Kognitif
5.2.    Tokoh-tokoh teori Kognitif
5.3.    Teori Kognitif



6
6.    Psikologi Behavioristik
6.1.Pengertian psikologi behavioristik
6.2. Tokoh-tokoh Psikologi Behavioristik
6.3. Konsep Utama Behavioristik



7
UTS



8
7.    Faktor-faktor yg mempengaruhi Belajar
7.1.  Pengertian Belajar dalam tiga ranah
7.2.  Faktor-faktor yg mempengaruhi belajar




9
8.Kepemimpinan
8.1. Pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.2. Kepemimpinan Yesus



10
8.    3. Citra Guru



11
Citra Pendidik Kristen (lanjutan)



12
Citra Pendidik Kristen (lanjutan)



13
Citra Pendidik Kristen (lanjutan)



14
UAS














SEKOLAH TINGGI TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
Jl. Pelepah Kuning III Blok WE 2 No. 4 G-K
Kelapa Gading – Jakarta Utara
Telp. (021) 45857150, 71346346, 98256541 Fax (021) 45857181
Website: www.sttre.ac. Email: info.sttre.ac.id


SILABUS
Program Studi                      : Pendidikan Agama Kristen
Kode MK                                : -
Mata Kuliah                          : Psikologi PAK dan Kepemimpinan
Sub Mata Kuliah                  :
Bobot                                      : 2 SKS
Kelas/Semester                    :
Dosen Pengampu               : Yonas Muanley, M.Th., D.Th. ©
Standar Kompetensi           : Mahasiswa mampu menilai dan menerapkan kebenaran teori psikologi dan
                                             kepemimpinan  dalam proses pendidikan gereja (SM, Katekisasi) dan
                                             Pendidikan Agama Kristen di sekolah (SD – PT)

Mata Kuliah Prasyarat        :-


Kompetensi Dasar (KD)

KD. 1. Mendata ragam pengertian Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan

Indikator Hasil Pembelajaran/belajar

1.7.        Mendata ragam definisi psikologi, psikologi PAK  dan merumuskan secara konseptual  yaitu pengartian pribadi tentang  psikologi PAK
1.8.        Merumuskan definisi operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai acuan bagi proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester ini
1.9.        Mengidentifikasi topik-topik yang relevan dengan Psikologi PAK
1.10.     Menjelaskan sumbangsih Psikologi Pendidikan

KD. 2. Menjelaskan Konsep Kepribadian

2.7.      Definisi kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.8.      Konsep kepribadian dalam Perspektif  Psikoanalisis/psikoanalitik
2.9.      Konsep Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.10.   Konsep Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.11.   Konsep Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri

KD. 3. Menjelaskan Pertumbuhan dan perkembangan emosi dan implikasinya dalam proses PAK

3.3.      Menjelaskan Pengertian pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.4.      Menjelaskan Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi

KD. 4. Menjelaskan Perkembangan sosial dan pembentukan karakter

1.3.          Menjelaskan Perkembangan Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
1.4.          Menilai dan menerapkan Pembentukan Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam proses Pendidikan Agama Kristen

KD. 5. Menilai dan menerapkan Teori Kognitif

1.4.        Menjelaskan Pengertian kognitif
1.5.        Menjelaskan Tokoh-tokoh Teori Kognitif
1.6.        Menilai dan menerapkan Konsep utama/Teori Kognitif dalam proses PAK

KD. 6. Psikologi behavioristik

6.4.        Menjelaskan Pengertian Psikologi behavioristik
6.5.        Menjelaskan Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.6.        Menilai dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK

KD. 7. Menjelaskan Faktor yang mempengaruhi belajar

1.3.      Menjelaskan pengertian Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan psikomotorik)
1.4.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar

KD. 8. Menilai dan menerapkan Kepemimpinan dalam Pendidikan Agama Kristen
8.4.    Menjelaskan pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.5.    Menjelaskan dan menerapkan Kepemimpinan Yesus Guru Agung dalam proses PAK
8.6.    Menjelaskan dan menerapkan Citra Guru Pendidikan Agama Kristen


Pengalaman Belajar                       : 1. Mahasiswa mendengar ceramah dosen
2.  Mahasiswa membaca buku-buku refrensi
3.  Mahasiswa berdialog dengan tokoh-tokoh psikologi
4.  Mahasiswa membaca Blog Mata Kuliah Psikologi PAK yang dikelola oleh Yonas Muanley
Materi Pokok                         :

2.    Pengertian Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan

2.1.        Definisi psikologi, psikologi PAK  dan merumuskan secara konseptual  yaitu pengartian pribadi tentang  psikologi PAK
2.2.        Definisi operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai acuan bagi proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester ini
2.3.        Topik-topik yang relevan dengan Psikologi PAK
2.4.        Sumbangsih Psikologi Pendidikan

2.Konsep Kepribadian

2.6.        Definisi kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.7.        Konsep kepribadian dalam Perspektif  Psikoanalisis/psikoanalitik
2.8.        Konsep Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.9.        Konsep Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.10.     Konsep Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri

     3. Pertumbuhan dan perkembangan emosi

3.3.        Pengertian pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.4.        Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi

     4. Perkembangan sosial dan pembentukan karakter

4.1.        Perkembangan Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
4.2.        Pembentukan Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam proses Pendidikan Agama Kristen

KD. 5. Teori Kognitif

5.4.        Pengertian kognitif
5.5.        Tokoh-tokoh Teori Kognitif
5.6.        Konsep utama/Teori Kognitif dalam proses PAK

KD. 6. Psikologi behavioristik

6.4.        Menjelaskan Pengertian Psikologi behavioristik
6.5.        Menjelaskan Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.6.        Menilai dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK

KD. 7. Faktor yang mempengaruhi belajar

8.1.      Pengertian Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan psikomotorik)
8.2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar

KD. 8. Kepemimpinan dalam Pendidikan Agama Kristen
8.4.        Menjelaskan pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.5.        Menjelaskan dan menerapkan Kepemimpinan Yesus Guru Agung dalam proses PAK
8.6.        Menjelaskan dan menerapkan Citra Guru Pendidikan Agama Kristen


Alokasi Waktu                                  : 100 menit

Sumber/Bahan:

Kompetensi Dasar
Indikator
Sumber/Bahan
KD 1
1– 4
Dr. Sentot Sadono, 2011:13 -23
KD 2
1 – 5
Dr. Dede Rahmat, M.Psi. Psikologi Kepribadian dlm Konseling, 2011: 6-16,23-119, 163 -204; Bernard Poduska, 4 Teori Kepribadian … 1997:5 -35, 77-149
KD 3
1 – 2

KD 4
1 – 2
Perkembangan sosial

Pendidikan Karakter

Dr. Dede Rahmat Hidayat, 2011: 111 – 119;

Dr. Sentot Sadono, 2011: 199 - 208
KD 5
1 – 3
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana,2012: 1 – 277
KD 6
1 – 3
Dr. Dede Rahmat Hidayat, 2011: 125 – 146; Bernard Poduska, 1997:39 - 75

KD 7
1 – 2
Bahan Ajar Teori Belajar oleh Yonas Muanley
KD 8
1 – 3
Memimpin Seperti Yesus
John Virgil, 2008:13 - 71






Alat/Media                                         : LAPTOP, LCD, POWERPOINT
Penilaian                                           :

1.    Kriteria Penilaian

Huruf
Bobot
Angka
A
4.00
96 – 100
A-
3.67
91 – 95
B+
3.33
86 – 90
B
3.00
81 – 85
B-
2.67
76 – 80
C
2.00
61 – 75
D
1.00
51 – 60
E
0.67
46 – 50
F
0.00
0 – 45

2.   Sistem Penilaian:

2.1.      Kehadiran ……………………………..    : 15  %
2.2.      Tugas Terstruktur……………………..    :  40 %
2.3.      UTS …………………………………….    :  20 %
2.4.      UAS …………………………………….    :  25 %









SEKOLAH TINGGI TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
Jl. Pelepah Kuning III Blok WE 2 No. 4 G-K
Kelapa Gading – Jakarta Utara
Telp. (021) 45857150, 71346346, 98256541 Fax (021) 45857181
Website: www.sttre.ac. Email: info.sttre.ac.id

SILABUS
 (model hirisontal)

Program Studi                     : Pendidikan Agama Kristen
Kode MK                               :
Mata Kuliah                          : Psikologi PAK dan Kepemimpinan
Bobot                                                : 2 SKS
Semester                              :
Standar Kompetensi         :
Mata Kuliah Prasyarat       : Psikologi

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
Penilaian
Menjelaskan Pengertian Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan
(KD 1)






Menilai dan menerapkan Konsep Kepribadian dlm proses PAK
(KD 2)






Menjelaskan Pertumbuhan dan perkembangan emosi

KD 3






Menjelaskan Perkembangan social dan Merekonstruksi pembentukan karakter Nasional dan Karakteristik Unggul Berdasarkan Didaktik Yesus dan Paulus
(KD 4)






Menilai Teori Kognitif
(KD 5)






Menilai dan menerapkan Psikologi behavioristik
(KD 6)






Menganalisis Faktor yang mempengaruhi belajar
KD 7)






Menilai dan menerapkan Kepemimpinan dalam Pendidikan Agama Kristen
(KD 8)







Catatan: Semua Komponen Silabus dlm bentuk kolom telah ada dlm komponen silabus model vertical/non kolom (lihat hlm. 13 – 18)



SEKOLAH TINGGI TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
Jl. Pelepah Kuning III Blok WE 2 No. 4 G-K
Kelapa Gading – Jakarta Utara
Telp. (021) 45857150, 71346346, 98256541 Fax (021) 45857181
Website: www.sttre.ac. Email: info.sttre.ac.id

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Mata Kuliah                          : Psikologi PAK dan Kepemimpinan
Sub Mata Kuliah                  :
Waktu Pertemuan                : Kamis, Pukul 18.00 – 19.30 WIB
Pertemuan ke                       : 1
Kelas/Semester                    :
Dosen Pengampu               : Yonas Muanley, M.Th., D.Th. ©


Standar Kompetensi           : Mahasiswa mampu menilai dan menerapkan kebenaran teori psikologi
                                             Dalam Proses pendidikan gereja (SM, Katekisasi) dan Pendidikan Agama
                                             Kristen di sekolah (SD – PT)
Kompetensi Dasar               : Mendata dan merumuskan definisi Psikologi dan Psikologi PAK, serta
                                             Kepemimpinan

Indikator                                             :
1.1.      Mendata ragam definisi psikologi dan merumuskan secara konseptual  yaitu pengartian pribadi tentang  psikologi yang diusulkan menjadi definisi operasional dalam studi Psikologi PAK selama satu semester (September  2012 – 28 Januari 2013
1.2.      Mendata berbagai psikologi terapan, khsusunya psikologi terkini dan kedudukan psikologi PAK dalam Psikologi Murni/umum
1.3.      Mendata beberapa definisi Psikologi Pendidikan Agama Kristen
1.4.      Memilih beberapa pribadi dalam cerita Alkitab dan menempatkannya dalam perspektif psikologi umum dan psikologi PAK
1.5.      Merumuskan definisi Kepemimpinan dan kepemimpinan dalam PAK
1.6.      Menyepakati definisi operasional psikologi dan psikologi PAK, serta kepemimpinan dalam PAK
Pokok Bahasan                               : Psikologi dan Psikologi PAK, serta Kepemimpinan dalam PAK                                            
Sub Pokok Bahasan                       :
1.1.      Ragam definisi psikologi dan definisi  konseptual (usulan mhs) menjadi definisi operasional dalam studi Psikologi PAK selama satu semester (September  2012 – 28 Januari 2013
1.2.      Mendata berbagai psikologi terapan, khsusunya psikologi terkini dan kedudukan psikologi PAK dalam Psikologi Murni/umum
1.3.      Mendata beberapa definisi Psikologi Pendidikan Agama Kristen
1.4.      Memilih Beberapa pribadi dalam cerita Alkitab dan menempatkannya dalam perspektif psikologi umum dan psikologi PAK (dilaksanakan dlm konteks definisi operasional)
1.5.      Pengertian Kepemimpinan dan kepemimpinan dalam PAK
1.6.      Usulan dan penetapan definisi operasional psikologi dan psikologi PAK, serta kepemimpinan dalam PAK

Kegiatan Pembelajaran      : 1. Mendengarkan penjelasan dosen/kuliah/ceramah seperlunya
2.  Membaca Buku wajib
3.  Mengikuti dalam Bahan Ajar Online Mata Kuliah Psikologi PAK Berbasis Free Weblog Blogspot.com dgn alamat: http:// ….. (menunggu kesepakatan mhs.)
4.  Diskusi


No
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran

Kegiatan Pra Pembelajaran:
Doa Instruksional Psikologi PAK
Renungan Instruksional singkat
Berdoa bersama
Mendengarkan renungan singkat
Alkitab: Sumber Renungan

Kegiatan Awal
    Orientasi terhadap kelas
    Mengenal Mahasiswa
    Memotivasi
    Curah pendapat:
Apa itu psikologi perempuan?
     Apersepsi
     Mengadakan Test Awal (Pre Test)
Mahasiswa memperkenalkan diri

LAPTOP
LCD


Kegiatan Inti
Menjelaskan Pengertian psikologi, psikologi PAK dan Kepemimpinan
Mahasiswa mendengarkan kuliah secara singkat, mahasiswa mengusulkan  sebuah definisi konseptual ttg psikologi dan Psikologi PAK serta kepemimpinan
LCD
Kompilasi Kompetensi Dasar 1
Internet: Blog Mata Kuliah Psikologi PAK oleh Yonas Muanley

Kegiatan Akhir
Membuat Kesimpulan ttg pokok bahasan
Merumuskan secara bersama definisi operasional ttg Psikologi PAK
LAPTOP
LCD







EVALUASI

1.    Prosedur Test
a.    Tes awal diadakan secara lisan
b.    Tes akhir diadakan secara lisan
2.    Bentuk Test
a.    Melengkapi
b.    Pilihan ganda
c.    Menjodohkan
d.    Uraian
3.    Soal-soal
4.    Jawaban Soal


SUMBER BAHAN

Psikologi

1.    Dr. Sentot Sadono. 2011. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Semarang, Program Pascasarjana STBI Semarang
2.    Dr. Dede Rahmat Hidayat. 2011. Teori dan Aplikasi: Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor, Ghalia Indonesia
3.    Bernard Poduska. 1997.  4 Teori Kepribadian: Eksistensialis, Behavioris, Psikoanalitik, Aktualisasi Diri. Jakarta : Restu Agung.

Kepemimpinan

1.    Ken Blanchard, Phil Hodges, Lee Ross, Avery Willis, Beginning The Jouney Lead Like Jesus (Memulai Perjalanan: Memimpin Seperti Yesus) Mengubah Hati, Pikiran, Perilaku Serta Kebiasaan Anda. (Semarang/Bandung : STBI dan Lembaga Literatur Baptis, t.th.)
2.     Arman Barus, Yesus dan Murid-murid-Nya,  hal.35 - 52 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh
 Kembong Mallisa’,dkk (editor)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
3.    Yongky Karman, Kepemimpinan Sentrifugal Musa,  hal.7-11 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman.
Oleh Kembong Mallisa’,dkk (editor)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
4.    Hans Wuysang, Kepemimpinan Debora (Kepemimpinan Perempuan:  tambahan oleh dosen mk),   hal.13 -23 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh Kembong Mallisa’,dkk (editor)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
5.    Inawaty Teddy, Kepemimpinan Daud – Salomo, hal.25 - 34 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh Kembong Mallisa’,dkk (ed)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
6.    Mangapul Sagala, Kepemimpinan Paulus – Timotius, hal.75 – 83 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman.  Kembong Mallisa’,dkk (ed)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
7.    Anne Ruck, Vedanayagam Samuel Azariah (1874 – 1945), hal. 169 – 182. Lihat Kembong Mallisa’,dkk (ed)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
8.    Sukowaluyo Mintorahardjo, Pemimpin Politik Kristen dan Gereja, khususnya uraiannya tentang Pemimpin Kristen, hal.27 - 28 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh Kembong Mallisa’,dkk (ed)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
9.    E. Handayani Tyas, Peranan Pendidik Kristen dalam Mempersiapkan Memimpin Bangsa di Masa Depan, hal. 237 -243 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh Kembong Mallisa’,dkk (ed)  Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
10. Suyapto Tandyawasesa, Pemimpin dan Integritasnya hal. 305 – 312 dari Buku The Unfinished Task.  Junifrius Gultom (penyunting). The Unfinished Task. Tugas Yang Belum Selesai. Buku Kenangan 50 Tahun (27 Mei 1961 – 27 Mei 2011) Pdt. Dr. Japarlin Marbun (Bekasi : GBI Permata Bekasi dan GBI Swasembada Tanjung Periok dan PGPI, 2011)  
11. Japarlin Marbun, Mewujudkan Visi Seorang Pemimpin, hal. 319 – 328 dari Buku The Unfinished Task ... Junifrius Gultom (penyunting). The Unfinished Task. Tugas Yang Belum Selesai. Buku Kenangan 50 Tahun (27 Mei 1961 – 27 Mei 2011) Pdt. Dr. Japarlin Marbun (Bekasi : GBI Permata Bekasi dan GBI Swasembada Tanjung Periok dan PGPI, 2011) 
12. John Virgil. 2007. Ciri Pemimpin, Gaya Kepemimpinan, Situasi Kepemimpinan, Iklim Kerja. Jakarta : YAKI










Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel