Kontrak dan Silabus Psikologi Pendidikan Agama Kristen
Rabu, 30 Januari 2013
Edit
KONTRAK PERKULIAHAN
|
PSIKOLOGI PAK DAN KEPEMIMPINAN
|
SEMESTER
I/2 sks
Prodi
Teologi
Oleh:
Dr. Yonas
Muanley, M.Th.
SEKOLAH TINGGI
TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
(STT REM)
2012
KONTRAK
PEMBELAJARAN
I.
Identitas Mata Kuliah
|
Nama
Mata Kuliah : Psikologi PAK
dan Kepemimpinan
Pengajar : Yonas Muanley,
M.Th., D.Th. ©
Semester : I
Bobot : 2 SKS
Hari
Pertemuan : Kamis
(18.00 – 19.30)
Tempat
Pertemuan : Kampus STT RE
II.
Manfaat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini disajikan dengan pendekatan semangat pengalaman
belajar berbasis kemampuan atau sering disebut di Negara kita, Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Kompetensi yang diharapkan untuk dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini menjadi
penentu dalam memilih topik-topik (kompetensi dasar) yang sesuai dan
berkorelasi dengan kemampuan (rumusannya lihat di standar kompetensi dan
Kompetensi Dasar). Dalam konteks
berpikir demikian maka kemanfaatan mata kuliah ini bagi mahasiswa S-2 STT REM yaitu
mahasiswa difasilitasi mengenali dan menguasai konsep-konsep Psikologi
Pendidikan Agama Kristen yang terbuka terhadap kebenaran Psikologi Umum,
khususnya Psikologi Pendidikan dan
menerapkan nilai-nilai universal dari psikologi dalam tugas pelayanan,
khususnya panggilan dalam pelayanan kependidikan gereja yang merupakan tugas
instruksional dari Yesus Guru Agung yang telah memberi instruksi didaktik untuk
diteruskan di Indonesia. (selamat berdidaktik Kristus di Indonesia).
III.
Deskripsi Mata Kuliah
|
Demi mencapai standar kemampuan yang diharapkan dalam
mata kuliah ini maka ruang lingkup pembahasan materi kuliah ini difokuskan pada
beberapa kompetensi dasar dan indikatornya. Proses pembelajaran mata kuliah ini
dirancang dalam dalam beberapa pokok bahasan yaitu:
Pemilihan pokok bahasan dan sub-sub pokok bahasan
disesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai. Jadi, ruang lingkup bahasan
mata kuliah sejarah gereja umum dirancang berdasarkan rekonstruksi mata kuliah.
Rekonstruksi yang dimaksud disini berdasarkan pencapaian kemampuan yang
diharapkan dimiliki oleh pebelajar (mahasiswa)
IV.
Skema Perkuliahan/Peta Perkuliahan
Mata Kuliah : Psikologi PAK dan
Kepemimpinan
|
Mahasiswa mampu menilai dan menerapkan
kebenaran teori psikologi dan kepemimpinan dalam pelayanan gereja (pelayanan
Pastoral dan didaktik)
(Standar
Kompetensi)
|
Menilai dan menerapkan Kepemimpinan dalam pelayanan
(Kompetensi Dasar 8)
|
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi
belajar
(Kompetensi Dasar 7)
|
Menjelaskan Psikologi Behavioristik
(Kompetensi Dasar 6)
|
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1.
Psikologi
Umum Entry
Behaviour
2.
Filsafat
V.
Kompetensi Dasar
dan Indikator/Tujuan Instruksional
|
Pada
akhir perkuliahan ini mahasiswa menunjukkan kemampuan dalam mendemonstrasikan
setiap kompetensi dasar yang ditandai dengan indicator-indikator sbb:
KD. 1.
Menjelaskan ragam pengertian Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan
Kepemimpinan
Indikator
Hasil Pembelajaran/belajar
1.1.
Mengidentifikasi
ragam definisi psikologi, psikologi PAK
dan merumuskan secara konseptual
tentang psikologi PAK
1.2.
Merumuskan
definisi operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai
acuan bagi proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester
ini
1.3.
Mengidentifikasi
topik-topik yang relevan dengan Psikologi PAK
1.4.
Menjelaskan
sumbangsih Psikologi Pendidikan
KD. 2.
Menjelaskan Konsep Kepribadian
2.1.
Definisi
kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.2.
Konsep
kepribadian dalam Perspektif
Psikoanalisis/psikoanalitik
2.3. Konsep kepribadian dalam Perpektif Behaviorisme
2.4.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.5.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.6.
Konsep
Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri
KD. 3.
Menjelaskan Pertumbuhan dan perkembangan emosi dan implikasinya dalam proses
PAK
3.1.
Menjelaskan
Pengertian pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.2.
Menjelaskan
Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi
KD. 4.
Menjelaskan Perkembangan sosial dan pembentukan karakter
1.1.
Menjelaskan
Perkembangan Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
1.2.
Menilai
dan menerapkan Pembentukan Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam
proses Pendidikan Agama Kristen
KD. 5.
Menilai dan menerapkan Teori Kognitif
1.1.
Menjelaskan
Pengertian kognitif
1.2.
Menjelaskan
Tokoh-tokoh Teori Kognitif
1.3.
Menilai
dan menerapkan Konsep utama/Teori Kognitif dalam proses PAK
KD. 6.
Psikologi behavioristik
6.1.
Menjelaskan
Pengertian Psikologi behavioristik
6.2.
Menjelaskan
Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.3.
Menilai
dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK
KD. 7.
Menjelaskan Faktor yang mempengaruhi belajar
1.1.
Menjelaskan
pengertian Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan
psikomotorik)
1.2.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
KD. 8.
Menilai dan menerapkan Kepemimpinan dalam Pelayanan Pastoral dan Kependidikan
Gereja
8.1.
Menjelaskan
pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.2.
Menjelaskan
dan menerapkan Kepemimpinan Yesus
8.3.
Menjelaskan
dan menerapkan Citra Pendidik Pendidik Kristen
VI.
Organisasi Materi
Kuliah
|
Pendahuluan
1.
Pengertian
Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan
1.1.
Definisi
psikologi, psikologi PAK dan merumuskan
secara konseptual yaitu pengartian
pribadi tentang psikologi PAK
1.2.
Definisi
operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai acuan bagi
proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester ini
1.3.
Topik-topik
yang relevan dengan Psikologi PAK
1.4.
Sumbangsih
Psikologi Pendidikan
2.Konsep
Kepribadian
2.1.
Definisi
kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.2.
Konsep
kepribadian dalam Perspektif
Psikoanalisis/psikoanalitik
2.3.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.4.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.5.
Konsep
Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri
3.
Pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.1.
Pengertian
pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.2.
Pertumbuhan
dan Perkembangan Emosi
4.
Perkembangan sosial dan pembentukan karakter
1.5.
Perkembangan
Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
1.6.
Pembentukan
Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam proses Pendidikan Agama Kristen
5.
Teori Kognitif
5.1.
Pengertian
kognitif
5.2.
Tokoh-tokoh
Teori Kognitif
5.3.
Konsep
utama/Teori Kognitif dalam proses PAK
6.
Psikologi behavioristik
6.1.
Menjelaskan
Pengertian Psikologi behavioristik
6.2.
Menjelaskan
Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.3.
Menilai
dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK
7.
Faktor yang mempengaruhi belajar
7.1.
Pengertian
Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan psikomotorik)
7.2.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi belajar
8.
Kepemimpinan dalam Pendidikan Agama Kristen
8.1.
Menjelaskan
pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam Pelayanan Pastoral dan
Kependidikan Gereja
8.2.
Menjelaskan
dan menerapkan Kepemimpinan Yesus dalam pelayanan Pastoral dan Kependidikan
Gereja
8.3.
Menjelaskan
dan menerapkan Citra Pendidik Kristen
Penutup
VII.
Pendekatan dan
Strategi Pembelajaran
|
Pendekatan
Pembelajaran :
Pendekatan yang dipakai dalam proses pembelajaran mata
kuliah ini yaitu: Pembelajaran berbasis Masiswa (pendekatan rekonstruktifistik)
Strategi
Pembelajaran:
1. Ekspositori
dan Iquiri
2. Struktural
dan problem solving
3. Deduktif
dan Induktif
4. Metode
Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, koloquim
VIII. Sumber-sumber Belajar
|
1. Dr. Sentot Sadono.
2011. Psikologi Pendidikan Agama Kristen.
Semarang, Program Pascasarjana STBI Semarang
2. Dr. Wowo Sunaryo
Kuswana. 2012. Taksonomi Kognitif
Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung, Rosdakarya.
3. Dr. Dede Rahmat
Hidayat. 2011. Teori dan Aplikasi:
Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor, Ghalia Indonesia
4. Bernard Poduska.
1997. 4 Teori Kepribadian: Eksistensialis, Behavioris, Psikoanalitik,
Aktualisasi Diri. Jakarta : Restu Agung.
5. Tim LaHaye, Hubungan Antara Tempramen dan Karunia Rohani,
Jakarta : Metanoia, 2004
6.
Yonas
Muanley, Kompilasi Materi Kuliah Psikologi PAK dan Kepemimpinan, 2012
Sumber Pendidikan Karakter:
1.
Alkitab
(Sumber Utama dan Pertama)
2. Dr. Sentot Sadono.
2011. Psikologi PAK … (lihat di atas)
3. Yonas Muanley, Pendidikan Karakteristik Unggul Berdasarkan
Didaktik Yesus Menurut Matius 4:19, 5:1-16
4. Yonas Muanley, Pendidikan Karakteristik Unggul Berdasarkan
Didaktik Paulus Menurut Galatia 5:20
Literatur Umum:
1.
Saptono.2011.
Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter:
Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta : Esensi Erlangga Group
2. Prof. Dr. H.E.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta : Bumi Aksara
3. Sri Narwanti. 2011. Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18
Nilai Pembentukan Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta : Familia
4.
Akhmad
Muhaimin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan
Karakter di Indonesia. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Literatur Kepemimpinan
1.
Ken
Blanchard, Phil Hodges, Lee Ross, Avery Willis. T.th. Beginning The Journey Lead Like Jesus
(Memulai Perjalanan: Memimpin Seperti Yesus) … Bandung : Lembaga Literatur
Baptis (Yayasan Baptis Indonesia)
IX.
Penilaian dan
Kriteria Pembelajaran
|
PENILAIAN:
Penilaian
akan dilakukan dosen dengan penggunaan criteria sebagai berikut:
Huruf
|
Bobot
|
Angka
|
A
|
4.00
|
96 – 100
|
A-
|
3.67
|
91 – 95
|
B+
|
3.33
|
86 – 90
|
B
|
3.00
|
81 – 85
|
B-
|
2.67
|
76 – 80
|
C
|
2.00
|
61 – 75
|
D
|
1.00
|
51 – 60
|
E
|
0.67
|
46 – 50
|
F
|
0.00
|
0 – 45
|
1.
Sistem
Penilaian:
1.1.
Kehadiran …………………………….. :
15 %
1.2.
Tugas
Terstruktur…………………….. : 40 %
1.3.
UTS
……………………………………. : 20 %
1.4.
UAS
……………………………………. : 25 %
atau
Penilaian
Proses:
No
Tugas
|
Deskripsi
Penilaian Proses
|
Standar
Ketercapaian Kompetensi
|
Ketercapaian
Kompetensi
(Tercapai/Tidak
Tercapai)
|
1
|
Kehadiran
Tanpa Absen, terlambat 5 menit
|
10 %
|
|
2
|
Tanya
Jawab (Membawa Pertanyaan tertulis sebelum kuliah dimulai dan pertanyaan pada
waktu proses kuliah berlangsung/Spontan)
|
10 %
|
|
3
|
Tugas
Individual (pendalaman kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik) : Topik
Psikologi PAK
|
30 %
|
|
4
|
UTS
dan UAS
|
40 %
|
|
5
|
Diskusi
dan Presentasi (Setiap anggota aktif dalam diskusi dan Tanya jawab setelah
presentasi)
|
10 %
|
X.
Jadwal Pembelajaran
|
Jadwal
Kontrak Pembelajaran
Pertemuan Minggu ke
|
Materi Perkuliahan
|
Sumber
|
Keterangan
|
|
1
|
1. Pengertian Psikologi, Psikologi PAK dan Kepemimpinan
1.1.
Ragam definisi Psikologi, psikologi PAK dan
Kepemimpinan
1.2.
Penetapan definisi kerja (definisi operasional)
1.3.
Topik-topik yang relevan dgn Psikologi PAK
1.4.
Sumbangsih Psikologi Pendidikan
|
Mahasiswa dapat mencari dalam sumber-sumber
lain yang berhubungan
|
||
2
|
2.
Konsep Kepribadian
2.1.
Definisi Kepribadian dan factor yg mempengaruhi
perkembangan kepribadian
2.2.
Konsep Kepribadian dlm perspektif Psikoanalisis
2.3.
Konsep Kepribadian dlm perspektif Humanisme
|
|||
3
|
2.4.
Konsep Kepribadian dlm perspektif Eksistensialisme
2.5.
Konsep Kepribadian dlm perspektif Aktualisasi Diri
3.
Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi
3.1.
Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi
3.2.
Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi
|
|||
4
|
4.
Perkembangan Sosial dan Pembentukan Karakter
4.1.Perkembangan
social
4.2.
Pembentukan Karakter
|
|||
5
|
5.
Teori Kognitif
5.1.
Pengertian Kognitif
5.2.
Tokoh-tokoh teori Kognitif
5.3.
Teori Kognitif
|
|||
6
|
6.
Psikologi Behavioristik
6.1.Pengertian
psikologi behavioristik
6.2.
Tokoh-tokoh Psikologi Behavioristik
6.3.
Konsep Utama Behavioristik
|
|||
7
|
UTS
|
|||
8
|
7.
Faktor-faktor yg mempengaruhi Belajar
7.1.
Pengertian Belajar dalam tiga ranah
7.2.
Faktor-faktor yg mempengaruhi belajar
|
|||
9
|
8.Kepemimpinan
8.1.
Pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.2.
Kepemimpinan Yesus
|
|||
10
|
8.
3. Citra Guru
|
|||
11
|
Citra
Pendidik Kristen (lanjutan)
|
|||
12
|
Citra
Pendidik Kristen (lanjutan)
|
|||
13
|
Citra
Pendidik Kristen (lanjutan)
|
|||
14
|
UAS
|
SEKOLAH
TINGGI TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
Jl. Pelepah Kuning
III Blok WE 2 No. 4 G-K
Kelapa Gading –
Jakarta Utara
Telp. (021) 45857150,
71346346, 98256541 Fax (021) 45857181
SILABUS
Program
Studi : Pendidikan
Agama Kristen
Kode MK : -
Mata
Kuliah : Psikologi PAK dan Kepemimpinan
Sub
Mata Kuliah :
Bobot : 2 SKS
Kelas/Semester :
Dosen
Pengampu : Yonas Muanley, M.Th., D.Th. ©
Standar
Kompetensi : Mahasiswa mampu
menilai dan menerapkan kebenaran teori psikologi dan
kepemimpinan
dalam proses pendidikan gereja (SM,
Katekisasi) dan
Pendidikan
Agama Kristen di sekolah (SD – PT)
Mata
Kuliah Prasyarat :-
Kompetensi Dasar (KD)
KD. 1. Mendata
ragam pengertian Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan
Indikator
Hasil Pembelajaran/belajar
1.7.
Mendata
ragam definisi psikologi, psikologi PAK dan merumuskan secara konseptual yaitu pengartian pribadi tentang psikologi PAK
1.8.
Merumuskan
definisi operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai
acuan bagi proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester
ini
1.9.
Mengidentifikasi
topik-topik yang relevan dengan Psikologi PAK
1.10.
Menjelaskan
sumbangsih Psikologi Pendidikan
KD. 2. Menjelaskan
Konsep Kepribadian
2.7.
Definisi
kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.8.
Konsep
kepribadian dalam Perspektif Psikoanalisis/psikoanalitik
2.9.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.10.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.11.
Konsep
Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri
KD. 3. Menjelaskan
Pertumbuhan dan perkembangan emosi dan implikasinya dalam proses PAK
3.3.
Menjelaskan
Pengertian pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.4.
Menjelaskan
Pertumbuhan dan Perkembangan Emosi
KD. 4. Menjelaskan
Perkembangan sosial dan pembentukan karakter
1.3.
Menjelaskan
Perkembangan Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
1.4.
Menilai
dan menerapkan Pembentukan Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam
proses Pendidikan Agama Kristen
KD. 5. Menilai
dan menerapkan Teori Kognitif
1.4.
Menjelaskan
Pengertian kognitif
1.5.
Menjelaskan
Tokoh-tokoh Teori Kognitif
1.6.
Menilai
dan menerapkan Konsep utama/Teori Kognitif dalam proses PAK
KD. 6. Psikologi
behavioristik
6.4.
Menjelaskan
Pengertian Psikologi behavioristik
6.5.
Menjelaskan
Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.6.
Menilai
dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK
KD. 7. Menjelaskan
Faktor yang mempengaruhi belajar
1.3.
Menjelaskan
pengertian Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan
psikomotorik)
1.4.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
KD. 8. Menilai
dan menerapkan Kepemimpinan dalam Pendidikan Agama Kristen
8.4.
Menjelaskan
pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.5.
Menjelaskan
dan menerapkan Kepemimpinan Yesus Guru Agung dalam proses PAK
8.6.
Menjelaskan
dan menerapkan Citra Guru Pendidikan Agama Kristen
Pengalaman
Belajar : 1.
Mahasiswa mendengar ceramah dosen
2.
Mahasiswa
membaca buku-buku refrensi
3.
Mahasiswa
berdialog dengan tokoh-tokoh psikologi
4.
Mahasiswa
membaca Blog Mata Kuliah Psikologi PAK yang dikelola oleh Yonas Muanley
Materi
Pokok :
2.
Pengertian
Psikologi, Psikologi Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan
2.1.
Definisi
psikologi, psikologi PAK dan merumuskan
secara konseptual yaitu pengartian
pribadi tentang psikologi PAK
2.2.
Definisi
operasional ttg Psikologi dan Psikologi PAK dan Kepemimpinan sebagai acuan bagi
proses pembelajaran Psikologi PAK dan Kepemimpinan dalam semester ini
2.3.
Topik-topik
yang relevan dengan Psikologi PAK
2.4.
Sumbangsih
Psikologi Pendidikan
2.Konsep
Kepribadian
2.6.
Definisi
kepribadian dan faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangan kepribadian
2.7.
Konsep
kepribadian dalam Perspektif
Psikoanalisis/psikoanalitik
2.8.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Humanisme
2.9.
Konsep
Kepribadian dalam Perspektif Eksistensialisme
2.10.
Konsep
Kepribadian dalam Perpektif Aktualisasi diri
3. Pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.3.
Pengertian
pertumbuhan dan perkembangan emosi
3.4.
Pertumbuhan
dan Perkembangan Emosi
4. Perkembangan sosial dan pembentukan
karakter
4.1.
Perkembangan
Sosial (Masa kanak-kanak awal – Masa Kritis II)
4.2.
Pembentukan
Karakter: Karakter Nasional dan Kristiani dalam proses Pendidikan Agama Kristen
KD. 5.
Teori Kognitif
5.4.
Pengertian
kognitif
5.5.
Tokoh-tokoh
Teori Kognitif
5.6.
Konsep
utama/Teori Kognitif dalam proses PAK
KD. 6.
Psikologi behavioristik
6.4.
Menjelaskan
Pengertian Psikologi behavioristik
6.5.
Menjelaskan
Tokoh-tokoh Behavioristik (Pavlov, John Watson, B.F. Skinner)
6.6.
Menilai
dan menerapkan Konsep Utama Behaviorisme dalam proses PAK
KD. 7.
Faktor yang mempengaruhi belajar
8.1.
Pengertian
Belajar yang mencakup tiga taksonomi (kognitif, afektif dan psikomotorik)
8.2.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi belajar
KD. 8.
Kepemimpinan dalam Pendidikan Agama Kristen
8.4.
Menjelaskan
pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam PAK
8.5.
Menjelaskan
dan menerapkan Kepemimpinan Yesus Guru Agung dalam proses PAK
8.6.
Menjelaskan
dan menerapkan Citra Guru Pendidikan Agama Kristen
Alokasi
Waktu :
100 menit
Sumber/Bahan:
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Sumber/Bahan
|
KD 1
|
1– 4
|
Dr.
Sentot Sadono, 2011:13 -23
|
KD 2
|
1 – 5
|
Dr.
Dede Rahmat, M.Psi. Psikologi Kepribadian dlm Konseling, 2011: 6-16,23-119,
163 -204; Bernard Poduska, 4 Teori Kepribadian … 1997:5 -35, 77-149
|
KD 3
|
1 – 2
|
|
KD 4
|
1 – 2
Perkembangan sosial
Pendidikan Karakter
|
Dr.
Dede Rahmat Hidayat, 2011: 111 – 119;
Dr.
Sentot Sadono, 2011: 199 - 208
|
KD 5
|
1 – 3
|
Dr.
Wowo Sunaryo Kuswana,2012: 1 – 277
|
KD 6
|
1 – 3
|
Dr.
Dede Rahmat Hidayat, 2011: 125 – 146; Bernard Poduska, 1997:39 - 75
|
KD 7
|
1 – 2
|
Bahan
Ajar Teori Belajar oleh Yonas Muanley
|
KD 8
|
1 – 3
|
Memimpin
Seperti Yesus
John
Virgil, 2008:13 - 71
|
Alat/Media :
LAPTOP, LCD, POWERPOINT
Penilaian :
1.
Kriteria
Penilaian
Huruf
|
Bobot
|
Angka
|
A
|
4.00
|
96 – 100
|
A-
|
3.67
|
91 – 95
|
B+
|
3.33
|
86 – 90
|
B
|
3.00
|
81 – 85
|
B-
|
2.67
|
76 – 80
|
C
|
2.00
|
61 – 75
|
D
|
1.00
|
51 – 60
|
E
|
0.67
|
46 – 50
|
F
|
0.00
|
0 – 45
|
2.
Sistem
Penilaian:
2.1.
Kehadiran …………………………….. :
15 %
2.2.
Tugas
Terstruktur…………………….. : 40 %
2.3.
UTS
……………………………………. : 20 %
2.4.
UAS
……………………………………. : 25 %
SEKOLAH
TINGGI TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
Jl. Pelepah Kuning
III Blok WE 2 No. 4 G-K
Kelapa Gading –
Jakarta Utara
Telp. (021) 45857150,
71346346, 98256541 Fax (021) 45857181
SILABUS
(model hirisontal)
Program Studi : Pendidikan Agama Kristen
Kode MK :
Mata Kuliah : Psikologi PAK dan Kepemimpinan
Bobot :
2 SKS
Semester :
Standar Kompetensi :
Mata Kuliah Prasyarat : Psikologi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
Penilaian
|
Menjelaskan Pengertian Psikologi, Psikologi
Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan
(KD 1)
|
||||||
Menilai dan menerapkan Konsep Kepribadian
dlm proses PAK
(KD 2)
|
||||||
Menjelaskan Pertumbuhan dan perkembangan
emosi
KD 3
|
||||||
Menjelaskan Perkembangan social dan
Merekonstruksi pembentukan karakter Nasional dan Karakteristik Unggul
Berdasarkan Didaktik Yesus dan Paulus
(KD 4)
|
||||||
Menilai Teori Kognitif
(KD 5)
|
||||||
Menilai dan menerapkan Psikologi
behavioristik
(KD 6)
|
||||||
Menganalisis Faktor yang mempengaruhi
belajar
KD 7)
|
||||||
Menilai dan menerapkan Kepemimpinan dalam
Pendidikan Agama Kristen
(KD 8)
|
Catatan:
Semua Komponen Silabus dlm bentuk kolom telah ada dlm komponen silabus model
vertical/non kolom (lihat hlm. 13 – 18)
SEKOLAH
TINGGI TEOLOGI RAHMAT EMMANUEL
Jl. Pelepah Kuning
III Blok WE 2 No. 4 G-K
Kelapa Gading –
Jakarta Utara
Telp. (021) 45857150,
71346346, 98256541 Fax (021) 45857181
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Mata
Kuliah : Psikologi PAK dan Kepemimpinan
Sub
Mata Kuliah :
Waktu
Pertemuan : Kamis, Pukul 18.00 – 19.30 WIB
Pertemuan
ke : 1
Kelas/Semester :
Dosen
Pengampu : Yonas Muanley, M.Th., D.Th. ©
Standar
Kompetensi : Mahasiswa mampu
menilai dan menerapkan kebenaran teori psikologi
Dalam Proses pendidikan gereja (SM, Katekisasi) dan Pendidikan Agama
Kristen di sekolah (SD – PT)
Kompetensi
Dasar : Mendata dan
merumuskan definisi Psikologi dan Psikologi PAK, serta
Kepemimpinan
Indikator :
1.1.
Mendata
ragam definisi psikologi dan merumuskan secara konseptual yaitu pengartian pribadi tentang psikologi yang diusulkan menjadi definisi
operasional dalam studi Psikologi PAK selama satu semester (September 2012 – 28 Januari 2013
1.2.
Mendata
berbagai psikologi terapan, khsusunya psikologi terkini dan kedudukan psikologi
PAK dalam Psikologi Murni/umum
1.3.
Mendata
beberapa definisi Psikologi Pendidikan Agama Kristen
1.4.
Memilih
beberapa pribadi dalam cerita Alkitab dan menempatkannya dalam perspektif
psikologi umum dan psikologi PAK
1.5.
Merumuskan
definisi Kepemimpinan dan kepemimpinan dalam PAK
1.6.
Menyepakati
definisi operasional psikologi dan psikologi PAK, serta kepemimpinan dalam PAK
Pokok
Bahasan :
Psikologi dan Psikologi PAK, serta Kepemimpinan dalam PAK
Sub
Pokok Bahasan :
1.1.
Ragam
definisi psikologi dan definisi
konseptual (usulan mhs) menjadi definisi operasional dalam studi
Psikologi PAK selama satu semester (September
2012 – 28 Januari 2013
1.2.
Mendata
berbagai psikologi terapan, khsusunya psikologi terkini dan kedudukan psikologi
PAK dalam Psikologi Murni/umum
1.3.
Mendata
beberapa definisi Psikologi Pendidikan Agama Kristen
1.4.
Memilih
Beberapa pribadi dalam cerita Alkitab dan menempatkannya dalam perspektif
psikologi umum dan psikologi PAK (dilaksanakan dlm konteks definisi
operasional)
1.5.
Pengertian
Kepemimpinan dan kepemimpinan dalam PAK
1.6.
Usulan
dan penetapan definisi operasional psikologi dan psikologi PAK, serta
kepemimpinan dalam PAK
Kegiatan
Pembelajaran : 1. Mendengarkan
penjelasan dosen/kuliah/ceramah seperlunya
2.
Membaca
Buku wajib
3.
Mengikuti
dalam Bahan Ajar Online Mata Kuliah Psikologi PAK Berbasis Free Weblog
Blogspot.com dgn alamat: http:// ….. (menunggu kesepakatan mhs.)
4.
Diskusi
No
|
Kegiatan
Pengajar
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
dan Alat Pengajaran
|
Kegiatan
Pra Pembelajaran:
Doa
Instruksional Psikologi PAK
Renungan
Instruksional singkat
|
Berdoa
bersama
Mendengarkan
renungan singkat
|
Alkitab:
Sumber Renungan
|
|
Kegiatan
Awal
Orientasi terhadap kelas
Mengenal Mahasiswa
Memotivasi
Curah pendapat:
Apa
itu psikologi perempuan?
Apersepsi
Mengadakan Test Awal (Pre Test)
|
Mahasiswa
memperkenalkan diri
|
LAPTOP
LCD
|
|
Kegiatan
Inti
Menjelaskan
Pengertian psikologi, psikologi PAK dan Kepemimpinan
|
Mahasiswa
mendengarkan kuliah secara singkat, mahasiswa mengusulkan sebuah definisi konseptual ttg psikologi
dan Psikologi PAK serta kepemimpinan
|
LCD
Kompilasi
Kompetensi Dasar 1
Internet:
Blog Mata Kuliah Psikologi PAK oleh Yonas Muanley
|
|
Kegiatan
Akhir
Membuat
Kesimpulan ttg pokok bahasan
|
Merumuskan
secara bersama definisi operasional ttg Psikologi PAK
|
LAPTOP
LCD
|
|
EVALUASI
1.
Prosedur
Test
a.
Tes
awal diadakan secara lisan
b.
Tes
akhir diadakan secara lisan
2. Bentuk Test
a.
Melengkapi
b.
Pilihan
ganda
c.
Menjodohkan
d.
Uraian
3. Soal-soal
4.
Jawaban
Soal
SUMBER BAHAN
Psikologi
1.
Dr.
Sentot Sadono. 2011. Psikologi Pendidikan
Agama Kristen. Semarang, Program Pascasarjana STBI Semarang
2.
Dr.
Dede Rahmat Hidayat. 2011. Teori dan
Aplikasi: Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor, Ghalia Indonesia
3.
Bernard
Poduska. 1997. 4 Teori Kepribadian: Eksistensialis, Behavioris, Psikoanalitik,
Aktualisasi Diri. Jakarta : Restu Agung.
Kepemimpinan
1.
Ken
Blanchard, Phil Hodges, Lee Ross, Avery Willis, Beginning The Jouney Lead Like
Jesus (Memulai Perjalanan: Memimpin Seperti Yesus) Mengubah Hati, Pikiran,
Perilaku Serta Kebiasaan Anda. (Semarang/Bandung : STBI dan Lembaga Literatur
Baptis, t.th.)
2.
Arman Barus, Yesus dan Murid-murid-Nya, hal.35 - 52 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh
Kembong Mallisa’,dkk (editor) Pemimpin
yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta
: Delima, 2009)
3.
Yongky
Karman, Kepemimpinan Sentrifugal Musa, hal.7-11 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman.
Oleh
Kembong Mallisa’,dkk (editor) Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan
Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
4.
Hans
Wuysang, Kepemimpinan Debora (Kepemimpinan
Perempuan: tambahan oleh dosen mk), hal.13 -23 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh Kembong Mallisa’,dkk (editor) Pemimpin
yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta
: Delima, 2009)
5.
Inawaty
Teddy, Kepemimpinan Daud – Salomo, hal.25
- 34 dari buku Pemimpin yang Membentuk
Zaman. Oleh Kembong Mallisa’,dkk (ed)
Pemimpin yang Membentuk Zaman
Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
6.
Mangapul
Sagala, Kepemimpinan Paulus – Timotius, hal.75 – 83 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Kembong Mallisa’,dkk (ed) Pemimpin
yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta
: Delima, 2009)
7.
Anne
Ruck, Vedanayagam Samuel Azariah
(1874 – 1945), hal. 169 – 182. Lihat Kembong Mallisa’,dkk (ed) Pemimpin
yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta
: Delima, 2009)
8.
Sukowaluyo
Mintorahardjo, Pemimpin Politik Kristen dan Gereja, khususnya uraiannya tentang
Pemimpin Kristen, hal.27 - 28 dari buku Pemimpin
yang Membentuk Zaman. Oleh Kembong Mallisa’,dkk (ed) Pemimpin
yang Membentuk Zaman Kumpulan Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta
: Delima, 2009)
9.
E.
Handayani Tyas, Peranan Pendidik Kristen
dalam Mempersiapkan Memimpin Bangsa di Masa Depan, hal. 237 -243 dari buku Pemimpin yang Membentuk Zaman. Oleh
Kembong Mallisa’,dkk (ed) Pemimpin yang Membentuk Zaman Kumpulan
Tulisan dalam Rangka 21 Tahun SETIA (Jakarta : Delima, 2009)
10.
Suyapto
Tandyawasesa, Pemimpin dan Integritasnya hal.
305 – 312 dari Buku The Unfinished Task. Junifrius Gultom (penyunting). The Unfinished
Task. Tugas Yang Belum Selesai. Buku Kenangan 50 Tahun (27 Mei 1961 – 27 Mei
2011) Pdt. Dr. Japarlin Marbun (Bekasi : GBI Permata Bekasi dan GBI Swasembada
Tanjung Periok dan PGPI, 2011)
11.
Japarlin
Marbun, Mewujudkan Visi Seorang Pemimpin,
hal. 319 – 328 dari Buku The Unfinished
Task ... Junifrius Gultom (penyunting). The
Unfinished Task. Tugas Yang Belum Selesai. Buku Kenangan 50 Tahun (27 Mei 1961
– 27 Mei 2011) Pdt. Dr. Japarlin Marbun (Bekasi : GBI Permata Bekasi dan
GBI Swasembada Tanjung Periok dan PGPI, 2011)
12.
John
Virgil. 2007. Ciri Pemimpin, Gaya
Kepemimpinan, Situasi Kepemimpinan, Iklim Kerja. Jakarta : YAKI
Related Posts